Perbedaan Whatsapp dengan Yahoo Messenger

by 07.52 0 komentar
Pada era globalisasi kini komunikasi antar manusia sudah dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, tidak mengenal jarak maupun waktu. Semua sudah bisa dilakukan dengan mudah seiring banyak bermunculannya media komunikasi. 

Dalam postingan kali ini, saya akan membahas 2 media komunikasi yang cukup dikenal di Indonesia, yakni Whatsapp dan Yahoo Messenger. 


Yahoo! Messenger (sering disingkat "Y!M" atau "YM") merupakan program pengirim pesan instan populer yang disediakan oleh Yahoo!. Awal rilis bernama Yahoo! Pager (9 Maret 1998). Yahoo! Messenger tersedia secara gratis dan dapat diunduh serta diakses menggunakan Yahoo! ID yang biasa digunakan untuk mengakses layanan Yahoo! yang lainnya, seperti Yahoo! Mail.
WhatsApp adalah aplikasi pesan untuk smartphone dengan basic mirip BlackBerry Messenger.

Sekarang saya akan membahas perbedaan keduanya...

Perbedaan Whatsapp & Yahoo Messenger :

1. Whatsapp menggunakan nomer telepon atau sim card sebagai PIN sehingga jika sudah terinstal dengan aplikasi whatsapp maka Whatsapp Friend list secara otomatis dengan nomer telepon yang telah terdaftar pada kontak. Berbeda dengan Yahoo messenger yang harus memiliki ID YM orang yang akan ditambahkan.

2. Whatsapp tidak perlu system login berbeda dengan halnya Yahoo Messenger.

3. Whatsapp tidak bisa digunakan untuk video call. Sedangkan Yahoo Messenger memiliki fitur yang dapat digunakan untuk video call dengan melalui web cam.

4. Whatsapp tidak mempunyai fitur yang digunakan untuk memulai pencarian di web berbeda dengan Yahoo Messenger yang mempunyai fitur yahoo search yang dapat digunakan untuk memulai pencarian web. 

5. Pada Yahoo kita membutuhkan waktu yang lama dan mengikuti prossesnya secara urut saat pengunduhan,sedangkan pada whatsapp kita cukup mengunggah pada smartphone.

Mank Adi

Developer

Mahasiswa Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana yang simpel dan seorang gamers