Network Operation System (NOS)

by 19.41 0 komentar
I.                   Pengertian dan Karakteristik NOS (Network Operating System)
1.      Pengertian NOS
Sistem pengoperasian rangkaian (network operating system) adalah sebuah jenis sistem operasi yang ditujukan untuk menangani rangkaian. Sistem operasi ini terdiri daripada banyak layanan atau service yang ditujukan untuk melayani pengguna, seperti layanan berbagi berkas, layanan berbagi alat pencetak (printer), DNS Service, HTTP Service, dan sebagainya. Istilah ini popular pada akhir dekad 1980-an hingga awal dekad 1990-an.
2.      Karakteristik NOS (Network Operating System)
a.       Pusat kendali sumberdaya jaringan
b.      Akses keaman sebuah jaringan
c.       Mengizinkan remote user terkoneksi kejaringan
d.      Mengizinkan user terkoneksi kejaringan lain  (misalnya Internet)
e.       Back up data dan memastikan data tersebut tersedia

II.                Perbedaan Antara Sebuah Personal Komputer dengan Server NOS
1.      Komputer server NOS berfungsi untuk memanajemen sebuah jaringan server sedangkan personal komputer berfungsi untuk kebutuhan pribadi pengguna.
2.      Kinerja komputer dengan server NOS lebih berat dibandingkan dengan personal komputer.
3.      Sistem operasi yang digunakan server NOS memiliki fitur yang lebih lengkap dibandingkan dengan personal komputer.
4.      Komponen perangkat keras pada komputer server NOS lebih baik dibandingkan dengan personal komputer.

III.             Sistem Multiuser, Multitasking, dan Multiprosesor
1.      Pengertian Multiuser
Sistem Multi-User adalah suatu sistem dimana lebih dari satu user menggunakan secara bersama satu atau lebih perangkat keras, piranti lunak dan data/ informasi , orang dan prosedur melalui
masing-masing komputer atau workstation.
2.      Pengetian Multitasking
Multitasking adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa inggris yang mengacukepada sebuah metode dimana banyak pekerjaan atau dikenal juga sebagai proses diolah dengan menggunakan sumber daya CPU yang sama. Contoh sistem operasi jenis ini antara lain adalah linux. Linux adalah sistem operasi yang multitasking dan multiuser seperti kebanyakan SO yang ada pada saat ini. Multitasking pada linux artinya linux bisa atau mampu menjalankan beberapa proses dalam waktu yang bersamaan.
3.      Pengertian Multiprosesor
Multiprosesor adalah Kemampuan komputer untuk melakukan beberapa proses dalam waktu bersamaan, dengan keberadaan teknologi berbasis multiprocessor . Contoh computer server.

IV.             Pertimbangan Dalam Memilih Suatu NOS
1.      Architecture
Perusahaan-perusahaan yang memiliki beban kerja yang dinamis perlu memperhatikan arsitektur NOS.
2.      Scalability
Beberapa hal pertimbangan pemilihan NOS untuk mendukung skala usaha yang menggunakan NOS meliputi: Berapa kapasitas minimum dan maksimum dari memory, disk cache dan disk yang didukung oleh setiap NOS.
3.      Availability dan Reliability
Memiliki fitur file locking, mendukung RAID (Redudant Arrays of Inexpensive Disk).
4.      Clients supported
Kebanyakan perusahaan memiliki berbagai macam operating sistem di setiap dekstopnya diantaranya: DOS, DOS/Windows, Unix, Machintosh dll.
5.      Network Printing
Printing merupakan salah satu dari fungsi-fungsi utama dari NOS. Perusahaan harus dapat mengetahui jawaban dari beberapa hal berikut dalam memilih NOS :
a.       Berapa jumlah printer yang mampu didukung setiap server
b.      Printer banyak Dapat dikendalikan oleh satu antrian print
c.       Dapatkah banyak antrian print mengendalikan satu printer
d.      Dapatkah NOS membangkitkan sinyal alarm ke operator jika timbul masalah ketika mencetak
e.       Dapatkah NOS memberitahu pemakai apabila tugas pencetakan telah selesai
f.       Dapatkah fungsi pencetakan di-manage dari jauh
6.      Network Media
Berbagai tipe media jaringan telah banyak digunakan dalam perusahaan seperti media Ethernet, Token Ring, Fiber Optik dll.
7.      Network Protocols
Pemilihan NOS harus mempertimbangkan kompatibilitas antara protocol jaringan yang digunakan dengan NOS yang meliputi 3270 dan asynchronous terminal emulation, AppleTalk filing protocol (AFP), TCP/IP, Telnet, Simple Mail Transfer Protocol (SMTP), Simple Network Management Protocol (SNMP), dll. Kategori ini juga mempertimbangkan apakah akses client ke server melalui suatu saluran asynchronous, PSDN, Internet atau ISDN.
8.       Network Services
Kategori ini untuk mengevaluasi platform NOS untuk menentukan apakah NOS tersebut menyediakan fungsi-fungsi yang diperlukan untuk directory services yang mengijinkan user mengakses layanan jaringan tanpa perlu mengetahui alamat jaringan, layanan keamanan yang mengontrol akses ke fungsi-fungsi directory management dan menentukan apakah NOS mendukung tool-tool dan layanan-layanan yang sudah dispesifikasikan oleh Dekstop Management Task Force (DMTF).
9.      Server Management
Memastikan ketersediaan tool untuk me-manage platform NOS, termasuk audit trail functions, file management, user account management, error reporting, dan server performance reporting.
10.  Security
Mengevaluasi kesesuaian standar platform NOS, dukungan terhadap access control list, disk quotas, automatic discovery dan management dari penyusup, dukungan terhadap callback modem, dukungan terhadap security management system seperti Kerberos, dan apakah encryption services tersedia.
11.  Functionality/Utility
Proses konsolidasi server-server fungsi tunggal ke dalam server-server multi fungsi harus mengevaluasi insfrastruktur platform NOS.
12.  Application development tools
NOS platform harus dapat mendukung layanan aplikasi sebaik dukungan terhadap layanan file dan print.
13.  Data access
NOS platform harus dapat mendukung aplikasi-aplikasi yang lebih kompleks sehingga harus juga mendukung file access methode dan indexed file access method.
14.  Database support
Software database biasanya merupakan bagian dari infrastuktur distributed applications. Kategori ini mengevaluasi software database yang tersedia pada setiap NOS platform.
15.   Applications
Kategori ini untuk mengevaluasi layanan aplikasi apa saja yang tersedia pada setiap NOS platform seperti mail client, mail server, word proccessing client, spreadsheet client, integrated office suite atau Lotus Note.

V.                Tipe-Tipe NOS Populer yang Ada dan Digunakan Saat Ini
1.      Netware/OES
2.      Windows Server
3.      Unix
4.      Linux
5.      Mac OS X Server



DAFTAR PUSTAKA
Achik, Faisal. “Definisi Sistem Pengoperasian (Network Operating System)”. 15 Januari 2015. https://prezi.com/6mmqsvd7vb6x/definisi-sistem-pengoperasian-network-operating-system/.
Noname . “Sistem Operasi Jaringan”. 10 Juni 2016. https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_operasi_jaringan.
Ramadhan, Andi . “Perbedaan Server dan Desktop PC Biasa”. 17 Maret 2015. http://www.anugrahpratama.com/a/perbedaan-server-dan-desktop-pc-biasa/.
Rachmat, Mugi . “Pengertian Multitasking, Multiprogramming, Multiprocesscing dan Realtime System”. 04 April 2013. http://www.infomugi.com/2013/04/pengertian-multitasking.html.
Moleknian Ayu, Aila . “Sistem Operasi Jaringan (Network Operating System)”. 19 Juli 2011. http://ailamoleq.blogspot.com/2011/07/sistem-operasi-jaringan-network.html.

Mega Pawitra, Puruhita . “Komponen Jaringan Komputer”. 30 Januari 2016. http://puruhitas.blog.uns.ac.id/2016/01/30/komponen-jaringan-komputer/.

Support terus penulis ini (ya minimal traktir di wr robert lah :v) agar mampu melanjutkan postingan selanjutnya  :)
DOWNLOAD > link

Adi Triginarsa

Developer

Mahasiswa Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana yang simpel dan seorang gamers