HUBUNGAN INTERAKSI MANUSIA DENGAN KOMPUTER PADA
BERBAGAI BIDANG ILMU
Pada
tahun 1970 mulai dikenal istilah antarmuka pengguna (user interface), yang juga
dikenal dengan istilah Man-Machine Interface (MMI), dan mulai menjadi topik
perhatian bagi peneliti dan perancang sistem. Perusahaan komputer mulai
memikirkan aspek fisik dari antarmuka pengguna sebagai faktor penentu
keberhasilan dalam pemasaran produknya. Istilah human-computer interaction
(HCI) mulai muncul pertengahan tahun 1980-an sebagai bidang studi yang baru.
Istilah HCI mengisyaratkan bahwa bidang studi ini mempunyai fokus yang lebih
luas, tidak hanya sekedar perancangan antarmuka secara fisik.
BIDANG ILMU
Untuk
membuat antarmuka yang baik dibutuhkan pemahaman beberapa bidang ilmu, antara
lain :
1) Ilmu
Komputer
Ilmu
komputer adalah studi sistematik tentang proses algoritmik yang menjelaskan dan
menstransformasikan informasi, baik itu berhubungan dengan teori-teori,
analisis, desain, efisiensi, implementasi, ataupun aplikasi-aplikasi yang ada
padanya. Bidang ini berperan memberikan
kerangka kerja untuk dapat merancang sistem human-computer interaction (HCI).
Ilmu Komputer juga membahas tentang perancangan aplikasi dan rekayasa /
perancangan antarmuka untuk dapat digunakan oleh manusia dengan mudah. Dalam
hal ini menyangkut pemilihan program bantu pendukung, bahasa pemrograman,
teknik pemrograman, serta bidang ilmu komputer lain seperti pengolahan bahasa
alami, struktur data, basis data, dan lain-lain.
2)
Psikologi Kognitif
Psikologi
Kognitif adalah salah satu cabang dari psikologi yang dikonsentrasikan untuk
memahami perilaku manusia. Psikologi kognitif mempelajari tentang cara manusia
menerima, mempersepsi, mempelajari, menalar, mengingat dan berpikir tentang
suatu informasi, keahlian mengontrol motorik, dan mengajukan model proses
kognitif yang dapat memberikan pengetahuan yang bermanfaat ke dalam metode
pencocokan mesin terhadap pengguna (manusia). Pengalaman psikologi menyediakan
teknik evaluasi formal untuk mengukur kinerja objektif dan opini subjektif dari
sistem manusia-komputer. Di bidang Psikologi, Membahas tentang penerapan teori
proses kognitif dan analisis empiris tantang perilaku pengguna. Di atas telah
disebutkan bahwa kita selalu berharap agar program aplikasi yang kta susun
dapat dimanfaatkan oleh pengguna lain. Setiap pengguna mempunyai sifat yang
berbeda satu sama lain sehingga perancang sistem interaksi manusia-komputer
juga harus mempelajari aspek psikologi pengguna untuk dapat memahami bagaimana
pengguna dapat menggunakan sifat dan kebiasaan baiknya, menggunakan persepsi dan pengolahan kognitif serta
ketrampilan motorik yang dimilikinya agar dapat menjodohkan mesin dengan
manusia untuk mendapatkan kerja sama yang serasi. Psikologi eksperimental
menyediakan dasar teknik evaluasi formal untuk mengukur unjuk kerja dan opini
terhadap sistem manusia-komputer.
3)
Antropologi
Antropologi
adalah salah satu cabang ilmu sosial yang mempelajari tentang budaya masyarakat
suatu etnis tertentu. Antropologi lahir atau muncul berawal dari ketertarikan
orang-orang Eropa yang melihat ciri-ciri fisik, adat istiadat, budaya yang
berbeda dari apa yang dikenal di Eropa.
Antropologi
lebih memusatkan pada penduduk yang merupakan masyarakat tunggal, tunggal dalam
arti kesatuan masyarakat yang tinggal daerah yang sama, antropologi mirip
seperti sosiologi tetapi pada sosiologi lebih menitik beratkan pada masyarakat
dan kehidupan sosialnya. Antropologi (Ilmu Manusia) dikonsentrasikan dengan
studi dari interaksi manusia – komputer. Dimana interaksi ini dipengaruhi oleh
teknologi yang ada, antropologi dapat menyediakan pengetahuan yang bernilai ke
dalam aktifitas seperti, interaksi tim dengan sistem komputer, sebagai contoh
tim kerja desain, kelompok penulis, dan lain-lain.
4) Sosiologi
Sosiologi
berasal dari bahasa Latin yaitu Socius yang berarti kawan, teman sedangkan
Logos berarti ilmu pengetahuan. Ungkapan ini dipublikasikan diungkapkan pertama
kalinya dalam buku yang berjudul "Cours De Philosophie Positive"
karangan August Comte (1798-1857).
Walaupun
banyak definisi tentang sosiologi namun umumnya sosiologi dikenal sebagai ilmu pengetahuan tentang masyarakat.
Masyarakat
adalah sekelompok individu yang mempunyai hubungan, memiliki kepentingan
bersama, dan memiliki budaya. Sosiologi hendak mempelajari masyarakat, perilaku
masyarakat, dan perilaku sosial manusia dengan mengamati perilaku kelompok yang
dibangunnya. Sebagai sebuah ilmu, sosiologi merupakan pengetahuan
kemasyarakatan yang tersusun dari hasil-hasil pemikiran ilmiah dan dapat di
kontrol secara kritis oleh orang lain atau umum.
5) Perancangan
Grafis, Desain dan Tipografi
Ada
kata bijak yang mengatakan bahwa “sebuah gambar dapat bermakna sama dengan
seribu kata”. Dalam dunia komputer, kata ini dapat diartikan bahwa gambar dapat
digunakan sebagai sarana dialog yang efektif antara manusia dengan koputer.
Keahlian merancang grafik dan tipografi menjadi salah satu junci penting untuk
menunjang keberhasilan sistem manusia-komputer. Karena antarmuka yang disusun
dapat menjadi lebih luwes dan ampuh. Kemampuan estetika dari desain grafis dan
tipografi adalah peningkatan yang penting terhadap desain sistem
manusia-komputer sebagai pengguna antarmuka menjadi lebih fleksibel dan
powerfull. Sebuah gambar dapat bermakna sama dengan seribu kata. Gambar dapat
digunakan sebagai sarana dialog yang cukup efektif antara manusia &
komputer.
6) Teknik
Elektronika
Berbicara
tentang komputer, khususnya dari sisi perangkat keras, pastilah tidak terlepas
dari pembicaraan tentang teknik elektronika. Dalam bidang inilah kita dapat
mempelajari banyak sekali aspek yang berhubungan dengan perangkat keras
komputer. Teknik Elektronika menyediakan teknologi kerangka kerja untuk desain
sistem manusia komputer. Ilmu ini merupakan bidang utama dalam kerangka
perancangan suatu sistem interaksi mausia-komputer.
7) Ergonomik
Saat
ini semakin banyak orang yang bekerja di depan terminal komputer untuk jangka
waktu yang cukup lama. Oleh sebab itu untuk pengguna yang demikian perlu
dipersiapkan meja kerja yang nyaman, untuk menghindari kemungkinan adanya
kecelakaan, baik ringan maupun berat. Ergonomik berhubungan dengan aspek fisik
untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman. Bentuk fisik meja dan kursi
kerja, layar tampilan, bentuk papan ketik, posisi duduk, pengaturan lampu,
kebersihan tempat kerja, dan beberapa aspek lain sangat berpengaruh pada
kenyamanan lingkungan kerja. Meski sifat seorang pengguna dengan pengguna lain
berbeda, tetapi mereka pasti menginginkan adanya lingkungan kerja yang nyaman
ketika mereka bekerja dengan komputer.
8)
Linguistik (Ilmu Bahasa)
Pada
saat kita menggunakan komputer, seolah-olah kita sedang melakukan dialog dengan
komputer yang ada di hadapan kita. Untuk dapat melakukan dialog, kita
memerlukan sarana komunikasi yang memadai. Sarana komunikasi ini berbentuk
suatu bahasa khusus, misalnya bahasa grafis, bahasa alami, bahasa menu ataupun
bahasa perintah. Linguistik merupakan cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari
bahasa. Beberapa aspek seperti komputasi linguistik dan teori bahasa formal
membentuk bidang khusus dalam ilmu komputer. Sarana komunikasi inilah yang akan
mengarahkan pengguna ketika ia berurusan dengan komputer.
9) Perencanaan
Industri
Membahas
tentang produk-produk interaktif. Dengan semakin berkembangnya teknologi layar
tampilan, penggunaan layar sentuh menjadi semakin populer. Penggunaan layar
sentuh, beserta teknologi di belakangnya, telah menjadi bahan kajian yang
menarik. Saat ini, selain layar sentuh, layar sentuh banyak (multi-touch
screen) juga semakin banyak digunakan.
Kesimpulan
Dengan demikian, dapat
disimpulkan bahwa hubungan dan keterkaitan Interaksi Manusia dan Komputer (IMK)
dengan bidang ilmu yang telah dituliskan di atas adalah agar sistem komputer
yang dirancang oleh seorang perancang dapat bersifat akrab dan ramah dengan
penggunanya (user friendly). Sehingga, untuk mewujudkan dan membuat antarmuka
yang baik dibutuhkanlah pemahaman beberapa bidang ilmu tersebut.
DAFTAR PUSTAKA
1.
Santoso, Insap.
2009. Interaksi Manusia dan
Komputer(edisi 2). Yogyakarta : Andi Publisher.
2.
Nurhayati, O.D,
ST, MT, Program Studi S1 Sistem Komputer Universitas Diponegoro Interaksi Manusia dan Komputer.[pdf].
Tersedia :http//okydn@undip.ac.id.
3.
Manuaba, Adnyana.
2005. Ergonomi dalam Industri.
Universitas Udayana.
4.
Supriyanto, Aji.
2005. Pengantar Teknologi Informasi.
Jakarta: Salemba Infotek.
Download > disini
Download > disini
0 komentar:
Posting Komentar
Pengunjung yang baik adalah pengunjung yang meninggalkan komentar teman :)