Video Streaming

by 09.49 0 komentar
Kelebihan dan Kekurangan Situs Web Video Streaming
Online web streaming adalah salah satu aktivitas Internet paling populer . Apakah Anda ingin menonton video dari seluruh dunia , rekap berita , acara TV , tutorial , atau video lucu , Anda dijamin untuk menemukan sesuatu yang Anda sukai di salah satu dari lima situs video streaming berikut.
1 . Youtube.com
Youtube situs video streaming yang paling populer , YouTube memiliki ribuan video di hampir setiap topik yang bisa dibayangkan , semua pengguna diserahkan dan bebas untuk menonton . Video yang saat ini ditawarkan dalam format layar lebar , meskipun sebagian besar video meng-upload mempertahankan asli rasio aspek 4:3 . Selain layar lebar , video kini dapat di-upload dan dilihat dalam kualitas tinggi . Video di Youtube sering film buatan sendiri pendek , tetapi banyak label rekaman sekarang merilis versi - rendahnya kualitas video musik mereka yang paling populer di situs . Jika Anda sedang mencari rekap dari game terbaru olahraga, berita cor , atau pidato , Youtube merupakan pilihan terbaik Anda .
kelebihan : Youtube menawarkan aspek rasio 16:9 , pemutaran video berkualitas tinggi , dukungan untuk hamper semua format video, khalayak yang besar untuk video Anda , kemampuan untuk menanamkan pada sebuah blog atau website , fitur video balasan , halaman video pribadi disesuaikan, kemampuan untuk membatasi akses video.
kekurangan : Sementara website ini sangat populer , itu memang memiliki beberapa masalah . Ada kelebihan komentar spam, batas video 100MB , dan hanya video berkualitas standar dapat tertanam pada blog atau website.
2 . Vimeo.com
Vimeo adalah situs berbagi video yang canggih . Pengguna dasar diperbolehkan untuk meng-upload sampai dengan 500MB konten video per minggu , atau membayar untuk account untuk meng-upload lagi. Vimeo menarik beragam seniman video , dan sering digunakan untuk meng-upload film pendek , sandiwara , dan portofolio . Website mendukung full HD streaming dan format layar lebar , serta beragam dukungan codec video , menjadikannya lokasi yang ideal untuk menonton dan berbagi video pribadi yang berkualitas tinggi dan HD .
Kelebihan : Vimeo memiliki antarmuka yang mudah menavigasi , kemampuan untuk membuat dan kelompok video yang moderat , mendukung video definisi tinggi , hingga 1GB upload video untuk account premium , forum komunitas , dan basis pengguna yang artistik .
Kekurangan : Karena Vimeo begitu sering digunakan untuk meng-upload file film besar , dapat mengambil lebih dari satu jam untuk mengkonversi video tunggal .
3 . Metacafe.com
Metacafe meroket popularitasnya karena dapat menghasilkan uang. Banyak video di website adalah duplikat dari YouTube , tetapi di samping konten itu, ada beragam video tutorial tentang berbagai subyek , termasuk hacks DIY , sihir , dan percobaan sains . Jika Anda tertarik untuk membuat uang dari halaman penayangan video Anda , Metacafe adalah situs yang ideal untuk digunakan .
Kelebihan : Metacafe memiliki sistem pembayaran pageview populer, yang memungkinkan pengguna untuk dikompensasikan untuk video mereka . Selain itu, video dapat didownload dengan link di bawah video atau tertanam pada blog atau website . Website memiliki banyak tutorial berkualitas tinggi .
Kekurangan : Banyak video duplikat dari Youtube .
4 . Hulu.com
Hulu adalah situs video online pertama yang menawarkan secara hukum beragam acara TV gratis , Hulu didirikan oleh NBC dan menawarkan puluhan serial TV gratis , baik saat ini dan siaran lama . Beberapa acara TV yang ditawarkan meliputi : The Simpsons , Family Guy , Ini Always Sunny in Philadelphia , Bones , Buffy the Vampire Slayer , dan The Office . Sayangnya , Fox dan beberapa penyiar lainnya telah menarik beberapa acara bebas dari daftar memaksa Anda untuk meng-upgrade ke versi berbayar . Selain menawarkan acara TV , Hulu juga memiliki katalog film yang bisa ditonton, termasuk acara populer seperti seperti : Spy Game , Liar Liar , Ghostbusters , Men in Black, dan The Karate Kid .
Kelebihan : video Hulu dapat dilihat dalam 360p untuk koneksi internet lambat. Clips tersedia untuk terbaru dan populer acara TV dan film . Seri baru yang tersedia, dengan episode baru muncul sampai seminggu setelah ditayangkan di TV kabel . Website ini benar-benar gratis . Video dapat dibeli dan di-download . Sebuah antrian pribadi dapat dibuat untuk konten favorit .
Kekurangan : Video tidak bisa lagi tertanam dalam blog dan di website , definisi tinggi video streaming tidak tersedia untuk sebagian besar video , dan iklan yang ditampilkan tiga kali atau lebih per video . Situs web tersedia untuk warga AS saja.
5 . Veoh.com
Veoh adalah situs konten video , tetapi telah membuat nama untuk dirinya sendiri melalui kemitraan dengan perusahaan yang berbeda untuk menawarkan acara TV secara gratis . Menawarkan TV menunjukkan tidak tersedia dari Hulu , Anda dapat menonton acara populer seperti : The Big Bang Theory , Friends , Menurut Jim , CSI , dan Everwood . Selain pasokan besar acara TV gratis , Veoh juga menawarkan pengguna disampaikan konten , termasuk animasi , video rumah , dan klip lucu .
Kelebihan : Video streaming dalam resolusi kualitas tinggi . File-file video asli dapat di-download dan disimpan ke hard drive. Pengguna konten disampaikan dapat tertanam dalam blog dan website , berbagi langsung dengan teman-teman , dan disimpan ke dalam daftar favorit pribadi .
Kekurangan : video komersial hanya tersedia bagi pengguna yang berlokasi di AS

Hal Yang Berkaitan Dengan Video Streaming
1.      Media Server
Media server menangani pengolahan aset digital yang diolah sedemikian rupa yang kemudian di distribusi kepada klien. Media server bisa di akses oleh semua perangkat yang berada pada jaringan yang terhubung dengan media server tersebut. Beberapa contoh media server yang bisa digunakan adalah Amahi , Media Mosa, Media Portal, Adobe Flash Media Server dan sebagainya. Sedangkan pada sisi user harus memiliki browser dengan plugin Flash Player serta codecH.264. Media server bertugas sebagai media yang mengolah aset digital (DAM) yang menggunakan NAS sebagai media penyimpanan dan web server sebagai interface yang digunakan untuk bertinteraksi dengan user.
2.      Multimedia Streaming
Streaming adalah sebuah teknologi untuk memaninkan file video atau audio secara langsung ataupun dengan pre-recorder dari sebuah mesin server (web server). Dengan kata lain, file video ataupun audio yang terletak dalam sebuah server dapat secara langsung dijalankan pada UE sesaat setelah ada permintaan dari user, sehingga proses running aplikasi yang didownload berupa waktu yang lama dapat dihindari tanpa harus melakukan proses penyimpanan terlebih dahulu. Saat file video atau audio di stream, akan berbentuk sebuah buffer di komputer client, dan data video - audio tersebut akan bulai di download ke dalam buffer yang telah terbentuk pada mesin client. Dalam waktu sepersekian detik, buffer telah terisi penuh dan secara otomatis file videoaudio dijalankan oleh sistem. Sistem akan membaca informasi dari buffer dan tetap melakukan proses download file, sehingga proses streaming tetap berlangsung.
Multimedia Streaming Server adalah sebuah web server atau aplikasi yang terinstal di dalam sebuah server yang digunakan untuk menjalankan file video atau audio secara real-time atau streaming di internet.
3.      Video On Demand
Video-on-demand (disingkat VOD) adalah sistem televisi interaktif yang memfasilitasi khalayak untuk mengontrol atau memilih sendiri pilihan program video dan klip yang ingin ditonton. Fungsi VOD seperti layaknya video rental, di mana pelanggan dapat memilih program atau tontonan ketika yang ingin ditayangkan. Pilihan program dapat berupa sederet judul film, serial TV, acara realitas, video streaming, dan program lainnya. tidak hanya menonton, khalayak pun dapat menyimpan serta mengunduh program semau mereka. Untuk menontonnya khalayak dapat menggunakan set-top box dari video yang sudah diunduh, atau menggunakan komputer, ponsel, dan alat-alat komunikasi elektronik lainnya yang berkemampuan mengakses konten audio dan visual. Sebagian VOD memberikan pelayanan dengan sistem pembayaran per tayangan pay-per-view.
Salah satu hal yang ingin bisa dicapai dari industri komunikasi adalah memberikan kontrol yang penuh terhadap para penggunanya. Karena itulah konsep Video-On-Demand coba dikembangkan. Melalui konsep ini pengguna akan memiliki kebebasan penuh untuk memilih apa yang ingin ia lihat. Semuanya berjalan secara interaktif dan menggunakan tombol serta perintah yang sederhana. Bisa pause, rewind, fast forward, atau apapun yang kita inginkan. Melalui VOD juga akan terbuka peluang untuk menyimpan apa yang kita lihat. VOD menjanjikan kepuasan yang sifatnya lebih personal. Kepentingan pribadi satu orang lebih diutamakan dibandingkan kemauan orang banyak.
Jadi, VOD adalah sebuah konsep di mana sistem pertelevisian yang sudah bersifat sangat interaktif dengan fasilitas pemilihan content dari sebuah acara televisi. Ini bisa berupa film, serial, potongan berita, atau apapun yang kita inginkan. Semua tinggal sebut, pesan, dan bayar. Maka kita pun bisa menikmatinya.
4.      Internet Protocol Based Television (IPTV)
IPTV adalah layanan dimana data dari signal tv digital ditransmisikan melalui Internet Protocol. Teknologi ini dianggap lebih murah dan efisien dibandingkan dengan teknlogi siaran yang ada sekarang (menggunakan coaxial cable dan atau tv satelit) karena dianggap tidak perlu membagun infrastruktur baru.
Singkatnya, IPTV itu TV yang dikirimkan melalui jaringan managed IP yang menyediakan quality of service and experience (Baik di pelayanan & Pengalaman) , security ( Keamanan ), interactivity dan realibility.

5.      Video Conference
Video Conference adalah seperangkat teknologi telekomunikasi interaktif yang memungkinkankan dua pihak atau lebih di lokasi berbeda dapat berinteraksi melalui pengiriman dua arah audio dan video secara bersamaan. Video conference pada dasarnya memungkinkan sekelompok individu di mana pun di seluruh dunia yang mempunyai akses internet untuk dapat mengadakan pertemuan secara simultan bersama-sama tanpa harus secara fisik bertemu satu sama lain dalam lokasi tertentu. Ini adalah metode menggabungkan video dan audio secara simultan sehingga berarti diskusi atau pertemuan dapat berlangsung secara real-time melalui internet.
Saat ini fasilitas video conference menjadi fasilitas yang populer dikalangan pemerintahan. Trend ini makin populer saat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melakukan video conference dengan para Gubernur, Kapolda dan Pangdam menggunakan jaringan Vicon milik Polri. Polri melalui divisi Telematikanya juga memiliki fasilitas video conference yang menghubungkan Mabes Polri sebagai Komando tertinggi sampai jajaran Polda- Polda di seluruh Indonesia yang berjumlah 31 Polda. Video conference digunakan oleh pimpinan untuk memberikan pengarahan yang menyangkut kebijakan internal maupun mendukung kebijakan pemerintah, merupakan sarana K3I yaitu Komando, Kendali, Koordinasi dan Informasi bagi Polri yang sangat efektif. Polri sendiri mempunyai pusat kendali untuk video conference untuk keperluan video conference serta monitoring.
6.      Protokol yang Digunakan pada Audio dan Video Streaming
Protokol Audio
Real-time Transport Protocol (RTP, kadang-kadang jarang disebut sebagai RTTP) mendefinisikan format paket standar untuk memberikan audio dan video melalui jaringan IP. RTP digunakan secara luas dalam komunikasi dan hiburan sistem yang melibatkan media streaming , seperti telepon , video yang teleconference aplikasi, layanan televisi dan berbasis web push-to-talk fitur.
           RTP digunakan bersama dengan RTP Control Protocol (RTCP). Sementara RTP membawa media stream (misalnya, audio dan video), RTCP digunakan untuk memantau statistik transmisi dan kualitas layanan (QoS) dan alat bantu sinkronisasi beberapa aliran. RTP adalah salah satu fondasi teknis Voice over IP dan dalam konteks ini sering digunakan dalam hubungannya dengan protokol signaling seperti Session Initiation Protocol (SIP) yang membantu dalam membuat koneksi seluruh jaringan.
Protokol Video
RTSP ( Real Time Streaming Protocol ) , protocol ini sangat banyak digunakan oleh industri pengembang teknologi streaming media , hingga saat ini untuk player media pada Hanphone dan Smarphone telah terintegrasi dengan protocol RTSP ini . Player media pada handphone dan smartphone yang terintegrasi dengan protocol RTSP seperti pada vendor handphone dan Smarphone , baik berbasis Java J2ME , Symbianmaupun Android yang telah bergabung dengan project Helix Player DNA yang merupakan produk yang dikembangkan oleh RealNetworks telah mampu memutar streaming media dengan Format RA, RV, RM, H264/AAC, H263/AMR, MPEG-4/AAC dan MPEG-4/AMR secara langsung.Dua protokol yang mendukung berjalannya video streaming yaitu:
-Transport Protocol yang menyediakan konektivitas secara end-to-end di jaringan untuk aplikasi streaming. Transport protocol terbagi menjadi User Datagram Protocol (UDP) dan Transmission Control Protocol (TCP).
-Session Control Protocol yang mendefinisikan pesan dan prosedur untuk mengatur pengiriman data dari multimedia selama session terbentuk. Yang termasuk Session control protocol adalah Real-Time Protocol (RTP), Real- Time Streaming Protocol (RTSP), dan Real-Time Control Protocol (RTCP).

CARA KERJA VIDEO STREAMING
1.      Server and Client
Video streaming terbentuk hanya karena terdapat server (memiliki jaringan serta ruang penyimpanan yang besar) dan klien (PC pribadi) yang dapat berkomunikasi dalam bentuk bit. Video Streaming bukanlah tentang bagaimana Anda dapat membaca file video yang sebenarnya, namun lebih merupakan metode pengiriman media antara dua computer.
2.      Mentransfer Bit dan Bytes
Server menyimpan file video yang berisi beberapa bit dan byte – byte kode. Kode – kode ini berisi petunjuk agar pada saat yg sama computer

3.      Membaca dan Menerima Film
Setelah server melakukan koneksi dengan remote client (komputer pribadi), ia mulai  mentransfer instruksi untuk memutar video di computer dalam bentuk kode stream yang berukuran kecil. Kode-kode tersebut ditransfer dalam suatu paket melalui jaringan dan di load dalam memory computer. Komputer memproses kode-kode video da kemudian menampilkannya pada layar.

4.      Memerlukan Buffer
Computer menyimpan dan mengolah kode-kode video dalam file buffer, sehingga tidak harus terus menerus harus tersambung ke server. Jika koneksi terputus untuk sementara, maka server akan mengetahui sampai sejuh mana file berhasil di buffer, untuk kemudian server amakn mengirimkan kode-kode selanjutnya untuk memutar video. Komputer mendownload dan menyimpan kode-kode video dalam buffer dengan baik secara terus menerus hingga video siap dimainkan di layar.

5.      Format dan Media Player
Untuk membaca kode-kode file yang diterima dari server tersebut, diperlukan suatu cara.  Jika kita langsung membukanya pada computer, Anda tidak akan tahu bahwa file tersebut adalah file video. Jadi computer menggunakan suatu perangkat lunak yang disebut media player untuk menampilkan kode-kode tersebut pada layar.Ada banyak aplikasi player yang ada, dan sebelumnya kedua server dan PC client harus mempunyai persetujuan mengenai perungkat lunak yang dapat digunakan untuk menampilkan video



DAFTAR PUSTAKA
1.      Dutta, Pallab. “What Is Streaming Video?”.17 Februari 2016. http://www.ehow.com/facts_4913483_what-streaming-video.html.
2.      Kris. “Konsep Dasar Video Streaming”. 17 Februari 2016. http://probytelink.blogspot.co.id/2010/01/konsep-dasar-video-streaming.html.
3.      Moore T., David. “How Does Video Teleconferencing Work?”. http://ezinearticles.com/?How-Does-Video-Teleconferencing-Work?&id=1676299.
4.      Noname. “Pengertian Media Streaming”. 17 Februari 2016. http://cakraningrat8.blogspot.co.id/2011/05/pengertian-media-streaming.html
5.      Octavianus Sitepus, Andre. “Berbagai Macam Protocol(Protocol Streaming)”. 17 Februari 2016. http://ioteknologi.blogspot.co.id/2014/10/berbagai-macam-protokol-termasuk.html
6.      Rochim, Nur. “Internet Protocol Television(IPTV)”. 17 Februari 2016. http://aimagu.blogspot.co.id/2012/07/internet-protocol-television-iptv.html
7.      Noname. “14 Web Video Selain Youtube”. 17 Februari 2016. http://palingpopuler.com/internet/14-web-video-selain-youtube/

8.      Picassa, Salamun. “5 Situs Streaming Video Gratis Terbaik berikut kelebihan dan kekurangannya”. 17 Februari 2016. http://salamunpicassa.blogspot.com/2014/02/5-situs-streaming-video-gratis-terbaik.html
Download >> download

Mank Adi

Developer

Mahasiswa Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana yang simpel dan seorang gamers