FIND AND EAT! :
JIMBARAN EDITION
LATAR BELAKANG
Dewasa ini kebutuhan gadget atau
biasa yang dibilang smartphone menjadi kebutuhan utama bagi kalangan masyarakat.
Bagaimana tidak, smartphone merupakan salah satu teknologi yang berbasis mobile atau praktis dibawa kemana saja. Selain
itu software developer sedang gencar-gencarnya menciptakan aplikasi untuk
smartphone yang bertujuan untuk memudahkan aktivitas masyarakat.
Disamping itu, manusia itu juga harus memenuhi
kebutuhan utamanya yaitu makan. Dengan memakan makanan yang bergizi dapat
membantu tubuh kembang manusia dengan sempurna. Tak heran jika warung makanan
merupakan bisnis yang paling berkembang. Sekarang ini banyak tempat makan yang
menghidangkan berbagai macam makanan. Dimulai dari makanan yang lebih
menonjolkan dalam gizi maupun dalam segi penyajian.
Bagi mahasiswa rantauan memilih makanan yang pas
merupakan perkara yang sulit. Ini dikategorikan sulit karena mereka harus bisa
menyesuaikan lingkungannya untuk mencari tempat makan yang pas sesuai dengan
selera. Tak banyak juga mahasiswa hanya mempunyai tempat makan yang itu itu
saja sehingga mereka menjadi bosan untuk makan di warung makan tersebut. Ini dikarenakan
kurangnya informasi yang diterima dan promosi dari warung makan yang
bersangkutan.
Oleh karena itu, kami bertujuan untuk membuat sebuah
aplikasi smartphone yang memberikan informasi kuliner. Untuk tahap pengembangan
dan percobaan, kami mencoba membuat aplikasi informasi kuliner di sekitar
jimbaran terlebih dahulu. Aplikasi ini kami beri nama “FIND AND EAT! : JIMBARAN
EDITION”. Kami beri nama demikian karena aplikasi ini nanti akan menampilkan
peta jimbaran dan memberikan spot-spot kuliner yang telah kami survey
sebelumnya sehingga pengguna tinggal mencari tempat makan yang di inginkan dan
dengan bantuan gps tracker, kami memberikan panduan dari posisi si pengguna ke
tempat makan yang telah di tentukan.
Dengan adanya aplikasi ini, kami mengharapkan pengguna
dapat mengatasi masalah keterbatasan tempat makan tersebut. Kami juga akan
memberi informasi yang mendetail sesuai survey yang telah kami lakukan sehingga
pengguna tidak bingung saat memilih makanan dan tidak khawatir untuk masalah
keuangan. Karena dengan memakan makanan yang dipilih secara tepat mampu membuat
moodbooster untuk pekerjaan apapun.
TUJUAN
Tujuan
aplikasi ini dibuat antara lain :
- Memberikan informasi kepada pengguna
mengenai tempat makan yang telah disediakan
- Mempromosikan tempat makan untuk pengguna
aplikasi
- Memudahkan pengguna untuk memilih
jalan menuju tempat makan yang dituju.
TARGET PENGGUNA
Target pengguna kami tujukan kepada masyarakat
jimbaran, mahasiswa perantauan di wilayah Jimbaran atau yang memiliki
kepentingan di wilayah Jimbaran.
FUNGSIONALITAS
Kegunaan aplikasi ini adalah untuk mencari tempat
makan yang telah kami sediakan untuk pengguna sehingga kami menambahkan hal
berikut ini untuk mempermudah pencarian.
- Maps
Disini kami menampilkan sebuah peta
wilayah Jimbaran untuk mempermudah visualisasi pencarian tempat makan.
- PlacePicker
PlacePicker ini bertujuan untuk memberikan
koordinat tempat makan yang telah kami survey sesuai dengan tempat aslinya di
maps.
- GPS
Kami menggunakan gps untuk mengetahui
letak pengguna saat menggunakan aplikasi ini sehingga ketika pengguna ingin
menuju PlacePicker yang dipilih kami mampu untuk membuat panduan jalan
tercepat.
- Deskripsi
Ketika pengguna memilih suatu tempat
makan, kami memberikan deskripsi umum mengenai kapan warung tersebut buka, dan
deskripsi umum lainnya. Jika pengguna merasa tertarik ingin makan disana dan
mengetahui informasi lebih lanjut, kami mengarahkan pengguna untuk melihat
deskripsi secara detail yang memberikan informasi apa saja makanan yang paling
biasa di pesan, harga makanan dan makanan jenis apa yang di sediakan.
- List
Saat pengguna ingin memilih tempat makan
yang pas untuk budgetnya, kami menyisipkan fitur SortList dimana terdapat
informasi tempat makan sesuai dengan rentangan harga, menu makanan yang
digunakan, termasuk tempat nongkrong atau warung makan dan tempat makan favorit.
- Add New
Disaat pengguna ingin memilih tempat
makanan favoritnya namun tempat tersebut belum tersedia di aplikasi, pengguna
bisa menambahkan tempat tersebut dengan fitur ini.
TOOLS
Tools
yang kami gunakan untuk pembuatan aplikasi ini yakni :
·
Android Studio
·
Google Maps API v2
·
Google Places API
·
Eclipse
·
IONIC
TEKNIK EVALUASI
Teknik evaluasi yang kami gunakan untuk mengukur
berhasil tidaknya aplikasi ini untuk mencapai tujuan adalah dengan mengunggah
di Google Play dan melihat banyak download dan ratenya serta mencoba untuk
melakukan pendekatan door to door kepada mahasiswa sekitar untuk menggunakan
aplikasi ini dan tanggapan.
0 komentar:
Posting Komentar
Pengunjung yang baik adalah pengunjung yang meninggalkan komentar teman :)