FIND AND EAT! : JIMBARAN EDITION (TAHAP I)

by 11.25 0 komentar
FIND AND EAT! : JIMBARAN EDITION
LATAR BELAKANG
            Dewasa ini kebutuhan gadget atau biasa yang dibilang smartphone menjadi kebutuhan utama bagi kalangan masyarakat. Bagaimana tidak, smartphone merupakan salah satu teknologi yang berbasis mobile atau praktis dibawa kemana saja. Selain itu software developer sedang gencar-gencarnya menciptakan aplikasi untuk smartphone yang bertujuan untuk memudahkan aktivitas masyarakat.
Disamping itu, manusia itu juga harus memenuhi kebutuhan utamanya yaitu makan. Dengan memakan makanan yang bergizi dapat membantu tubuh kembang manusia dengan sempurna. Tak heran jika warung makanan merupakan bisnis yang paling berkembang. Sekarang ini banyak tempat makan yang menghidangkan berbagai macam makanan. Dimulai dari makanan yang lebih menonjolkan dalam gizi maupun dalam segi penyajian.
Bagi mahasiswa rantauan memilih makanan yang pas merupakan perkara yang sulit. Ini dikategorikan sulit karena mereka harus bisa menyesuaikan lingkungannya untuk mencari tempat makan yang pas sesuai dengan selera. Tak banyak juga mahasiswa hanya mempunyai tempat makan yang itu itu saja sehingga mereka menjadi bosan untuk makan di warung makan tersebut. Ini dikarenakan kurangnya informasi yang diterima dan promosi dari warung makan yang bersangkutan.
Oleh karena itu, kami bertujuan untuk membuat sebuah aplikasi smartphone yang memberikan informasi kuliner. Untuk tahap pengembangan dan percobaan, kami mencoba membuat aplikasi informasi kuliner di sekitar jimbaran terlebih dahulu. Aplikasi ini kami beri nama “FIND AND EAT! : JIMBARAN EDITION”. Kami beri nama demikian karena aplikasi ini nanti akan menampilkan peta jimbaran dan memberikan spot-spot kuliner yang telah kami survey sebelumnya sehingga pengguna tinggal mencari tempat makan yang di inginkan dan dengan bantuan gps tracker, kami memberikan panduan dari posisi si pengguna ke tempat makan yang telah di tentukan.
Dengan adanya aplikasi ini, kami mengharapkan pengguna dapat mengatasi masalah keterbatasan tempat makan tersebut. Kami juga akan memberi informasi yang mendetail sesuai survey yang telah kami lakukan sehingga pengguna tidak bingung saat memilih makanan dan tidak khawatir untuk masalah keuangan. Karena dengan memakan makanan yang dipilih secara tepat mampu membuat moodbooster untuk pekerjaan apapun.
TUJUAN
Tujuan aplikasi ini dibuat antara lain :
  1. Memberikan informasi kepada pengguna mengenai tempat makan yang telah disediakan
  2. Mempromosikan tempat makan untuk pengguna aplikasi
  3. Memudahkan pengguna untuk memilih jalan menuju tempat makan yang dituju.
TARGET PENGGUNA
Target pengguna kami tujukan kepada masyarakat jimbaran, mahasiswa perantauan di wilayah Jimbaran atau yang memiliki kepentingan di wilayah Jimbaran.
FUNGSIONALITAS
Kegunaan aplikasi ini adalah untuk mencari tempat makan yang telah kami sediakan untuk pengguna sehingga kami menambahkan hal berikut ini untuk mempermudah pencarian.
  1. Maps
Disini kami menampilkan sebuah peta wilayah Jimbaran untuk mempermudah visualisasi pencarian tempat makan.
  1. PlacePicker
PlacePicker ini bertujuan untuk memberikan koordinat tempat makan yang telah kami survey sesuai dengan tempat aslinya di maps.
  1. GPS
Kami menggunakan gps untuk mengetahui letak pengguna saat menggunakan aplikasi ini sehingga ketika pengguna ingin menuju PlacePicker yang dipilih kami mampu untuk membuat panduan jalan tercepat.
  1. Deskripsi
Ketika pengguna memilih suatu tempat makan, kami memberikan deskripsi umum mengenai kapan warung tersebut buka, dan deskripsi umum lainnya. Jika pengguna merasa tertarik ingin makan disana dan mengetahui informasi lebih lanjut, kami mengarahkan pengguna untuk melihat deskripsi secara detail yang memberikan informasi apa saja makanan yang paling biasa di pesan, harga makanan dan makanan jenis apa yang di sediakan.
  1. List
Saat pengguna ingin memilih tempat makan yang pas untuk budgetnya, kami menyisipkan fitur SortList dimana terdapat informasi tempat makan sesuai dengan rentangan harga, menu makanan yang digunakan, termasuk tempat nongkrong atau warung makan dan tempat makan favorit.
  1. Add New
Disaat pengguna ingin memilih tempat makanan favoritnya namun tempat tersebut belum tersedia di aplikasi, pengguna bisa menambahkan tempat tersebut dengan fitur ini.
TOOLS
Tools yang kami gunakan untuk pembuatan aplikasi ini yakni :
·         Android Studio
·         Google Maps API v2
·         Google Places API
·         Eclipse
·         IONIC
TEKNIK EVALUASI

Teknik evaluasi yang kami gunakan untuk mengukur berhasil tidaknya aplikasi ini untuk mencapai tujuan adalah dengan mengunggah di Google Play dan melihat banyak download dan ratenya serta mencoba untuk melakukan pendekatan door to door kepada mahasiswa sekitar untuk menggunakan aplikasi ini dan tanggapan.

Mank Adi

Developer

Mahasiswa Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana yang simpel dan seorang gamers