Pagii sobat simple! artikel kemarin kan mimin dah jelasin nih apa tu sosmed, sekarang mimin mau bagiin tugas mimin ke sobat semua. Tugasnya adalah menganalisis suatu komunitas di jejaring sosial. Nah mimin kali ini lagi menganalisis KPI yaitu, Komunitas Photoshop Indonesia. Daripada basa-basi ga jelas mending langsung aja liat hasil analisis mimin di KPI.
Nama
Komunitas
Komunitas Photoshop Indonesia
Jumlah
Anggota
Saat kami melakukan analisa, Komunitas Photoshop
Indonesia memiliki 62.234 member. Diperkirakan member tersebut akan terus
bertambah setiap harinya mengingat keuntungan komunitas ini cukup besar.
Ulasan
Tentang Komunitas
Komunitas Photoshop Indonesia adalah wadah untuk para
pengguna Adobe Photoshop di Indonesia. Wadah ini untuk berbagi karya, berbagi
ilmu, berbagi pengalaman, berbagi inspirasi dan motivasi sesama member agar
nantinya terciptanya karya-karya buatan Indonesia yang memiliki estetika seni
dan berguna nantinya untuk masing-masing member di komunitas ini.
Dampak
Positif
·
Sebagai wadah untuk berbagi karya.
·
Sebagai wadah untuk berbagi ilmu dalam bidang editing
foto dengan Adobe Photoshop.
·
Sebagai wadah untuk berbagi pengalaman-pengalaman di
seputaran memakai Adobe Photoshop.
·
Sebagai wadah untuk belajar dan yang ingin menekuni
editing foto dengan Adobe Photoshop.
Dampak
Negatif
·
kita hanya bisa belajar melalui teori yang diberikan
saja, tidak secara langsung melihat prakteknya.
·
Terkadang ada beberapa karya yang tidak diberikan
tutorial pembuatannya sehingga membuat member yang amatir selamanya tidak bisa
membuat karya tersebut.
Analisa
Tipe-Tipe Orang di Dalam Komunitas
1.
Tipe orang yang tidak mau kalah dengan
si pembuat postingan.
Tipe orang ini biasanya akan mengupload hasil karyanya
yang sama dibuat dengan orang yang membuat postingan di KPI. Menurut analisa
kami maksud tipe orang tersebut adalah untuk menunjukan hasil karya yang mereka
buat dan ingin membandingkannya dengan hasil karya yang sudah di posting. Hal
ini cukup positif karena disamping tidak membuat postingan yang banyak dengan
tipe editan yang sama, ini akan membuat timbulnya saling sharing antara yang
membuat postingan dengan komentar dengan tipe seperti ini.
2.
Tipe orang yang suka meminta-minta
Tipe orang ini biasanya akan
membuat komentar tersebut di setiap orang yang memposting karya editingnya. Ini
merupakan hal yang positif karena akan membuat orang yang memposting tidak
hanya pamer atau meminta kritikan tetapi juga membuat tutorial karyanya agar
dapat dipelajari oleh member KPI.
3.
Tipe orang yang mengagumi karya seni orang lain.
Tipe ini biasanya akan
berkomentar seperti ini atau memanggil orang yang membuat karya tersebut dengan
sebutan “master”. Dengan adanya tipe orang seperti ini membuat orang yang
memposting tersebut bangga dan lebih bersemangat lagi dalam membuat karya.
4.
Tipe orang yang membantu orang lain.
Tipe ini biasanya akan membantu
menjawab pertanyaan-pertanyaan orang yang menanyakan cara atau langkah-langkah
pembuatan karya yang dikomentar. Tipe orang ini sangat positif karena disamping
mau membagikan ilmunya, ini akan membuat puas orang yang memiliki tipe ingin
tahu.
5.
Tipe orang ingin tahu/ingin belajar.
Tipe ini biasanya
akan bertanya tentang cara pembuatan karya tersebut. Biasanya setiap pertanyaan
tersebut akan dijawab oleh tipe orang yang membantu orang lain.
6.
Tipe orang yang memberi saran.
Tipe orang ini akan
memberikan saran tentang isi postingan yang diajukan, baik itu postingan karya
atau postingan pertanyaan. Selain memberikan saran yang positif, terkadang ada
beberapa saran yang agak ngawur seperti contoh diatas.
7.
Tipe orang yang tidak ingin belajar.
Tipe orang seperti ini biasanya
akan meminta orang yang memposting karya untuk membuatkan dirinya sebuah karya
untuk keuntungannya sendiri. Tipe orang ini sangat dibenci di KPI karena tujuan
masuk di KPI bukan untuk meminta dibuatkan yaitu saling belajar antara member.
8.
Tipe orang yang suka membully.
Tipe ini biasanya akan mengejek
karya atau orang yang memposting karya tersebut. Menurut analisa kami tujuan
mereka mungkin untuk membuat candaan namun ini bisa membuat orang lain
ikut-ikutan mengejek/membully postingan tersebut.
Perbandingan
Komunitas KPI dengan Komunitas di Dunia Nyata
Komunitas Photoshop Indonesia adalah komunitas untuk
member yang menggunakan software Adobe Photoshop pada umumnya. Jika kita
melihat letak perbandingan komunitas ini di dunia maya dan di dunia nyata memiliki
perbedaan yang jauh. Karena komunitas ini isi pembicaraannya tentang editing
foto dengan Adobe Photoshop, jika membicarakannya di dunia maya akan lebih
mudah untung menampilkan hasil dan membuat tutorial dalam penggunaan software
ini. Sedangkan bila kita bandingkan jika komunitas ini ada di dunia nyata maka
KPI akan mengadakan Gathering nantinya untuk mengumpulkan member-member KPI
yang berada di seluruh Indonesia untuk sharing ilmu dan bertukar pikiran
0 komentar:
Posting Komentar
Pengunjung yang baik adalah pengunjung yang meninggalkan komentar teman :)