Analisis Komunitas Photoshop Indonesia

by 11.23 0 komentar
Pagii sobat simple! artikel kemarin kan mimin dah jelasin nih apa tu sosmed, sekarang mimin mau bagiin tugas mimin ke sobat semua. Tugasnya adalah menganalisis suatu komunitas di jejaring sosial. Nah mimin kali ini lagi menganalisis KPI yaitu, Komunitas Photoshop Indonesia. Daripada basa-basi ga jelas mending langsung aja liat hasil analisis mimin di KPI.

Nama Komunitas
Komunitas Photoshop Indonesia
Jumlah Anggota
Saat kami melakukan analisa, Komunitas Photoshop Indonesia memiliki 62.234 member. Diperkirakan member tersebut akan terus bertambah setiap harinya mengingat keuntungan komunitas ini cukup besar.
Ulasan Tentang Komunitas
Komunitas Photoshop Indonesia adalah wadah untuk para pengguna Adobe Photoshop di Indonesia. Wadah ini untuk berbagi karya, berbagi ilmu, berbagi pengalaman, berbagi inspirasi dan motivasi sesama member agar nantinya terciptanya karya-karya buatan Indonesia yang memiliki estetika seni dan berguna nantinya untuk masing-masing member di komunitas ini.
Dampak Positif
·         Sebagai wadah untuk berbagi karya.
·         Sebagai wadah untuk berbagi ilmu dalam bidang editing foto dengan Adobe Photoshop.
·         Sebagai wadah untuk berbagi pengalaman-pengalaman di seputaran memakai Adobe Photoshop.
·         Sebagai wadah untuk belajar dan yang ingin menekuni editing foto dengan Adobe Photoshop.
Dampak Negatif
·         kita hanya bisa belajar melalui teori yang diberikan saja, tidak secara langsung melihat prakteknya.
·         Terkadang ada beberapa karya yang tidak diberikan tutorial pembuatannya sehingga membuat member yang amatir selamanya tidak bisa membuat karya tersebut.


Analisa Tipe-Tipe Orang di Dalam Komunitas
1.      Tipe orang yang tidak mau kalah dengan si pembuat postingan.
Tipe orang ini biasanya akan mengupload hasil karyanya yang sama dibuat dengan orang yang membuat postingan di KPI. Menurut analisa kami maksud tipe orang tersebut adalah untuk menunjukan hasil karya yang mereka buat dan ingin membandingkannya dengan hasil karya yang sudah di posting. Hal ini cukup positif karena disamping tidak membuat postingan yang banyak dengan tipe editan yang sama, ini akan membuat timbulnya saling sharing antara yang membuat postingan dengan komentar dengan tipe seperti ini.
2.      Tipe orang yang suka meminta-minta
Tipe orang ini biasanya akan membuat komentar tersebut di setiap orang yang memposting karya editingnya. Ini merupakan hal yang positif karena akan membuat orang yang memposting tidak hanya pamer atau meminta kritikan tetapi juga membuat tutorial karyanya agar dapat dipelajari oleh member KPI.
3.      Tipe orang yang mengagumi karya seni orang lain.
Tipe ini biasanya akan berkomentar seperti ini atau memanggil orang yang membuat karya tersebut dengan sebutan “master”. Dengan adanya tipe orang seperti ini membuat orang yang memposting tersebut bangga dan lebih bersemangat lagi dalam membuat karya.
4.      Tipe orang yang membantu orang lain.
Tipe ini biasanya akan membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan orang yang menanyakan cara atau langkah-langkah pembuatan karya yang dikomentar. Tipe orang ini sangat positif karena disamping mau membagikan ilmunya, ini akan membuat puas orang yang memiliki tipe ingin tahu.
5.      Tipe orang ingin tahu/ingin belajar.
Tipe ini biasanya akan bertanya tentang cara pembuatan karya tersebut. Biasanya setiap pertanyaan tersebut akan dijawab oleh tipe orang yang membantu orang lain.
6.      Tipe orang yang memberi saran.
Tipe orang ini akan memberikan saran tentang isi postingan yang diajukan, baik itu postingan karya atau postingan pertanyaan. Selain memberikan saran yang positif, terkadang ada beberapa saran yang agak ngawur seperti contoh diatas.
7.      Tipe orang yang tidak ingin belajar.
Tipe orang seperti ini biasanya akan meminta orang yang memposting karya untuk membuatkan dirinya sebuah karya untuk keuntungannya sendiri. Tipe orang ini sangat dibenci di KPI karena tujuan masuk di KPI bukan untuk meminta dibuatkan yaitu saling belajar antara member.
8.      Tipe orang yang suka membully.
Tipe ini biasanya akan mengejek karya atau orang yang memposting karya tersebut. Menurut analisa kami tujuan mereka mungkin untuk membuat candaan namun ini bisa membuat orang lain ikut-ikutan mengejek/membully postingan tersebut.
Perbandingan Komunitas KPI dengan Komunitas di Dunia Nyata

Komunitas Photoshop Indonesia adalah komunitas untuk member yang menggunakan software Adobe Photoshop pada umumnya. Jika kita melihat letak perbandingan komunitas ini di dunia maya dan di dunia nyata memiliki perbedaan yang jauh. Karena komunitas ini isi pembicaraannya tentang editing foto dengan Adobe Photoshop, jika membicarakannya di dunia maya akan lebih mudah untung menampilkan hasil dan membuat tutorial dalam penggunaan software ini. Sedangkan bila kita bandingkan jika komunitas ini ada di dunia nyata maka KPI akan mengadakan Gathering nantinya untuk mengumpulkan member-member KPI yang berada di seluruh Indonesia untuk sharing ilmu dan bertukar pikiran

Adi Triginarsa

Developer

Mahasiswa Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana yang simpel dan seorang gamers