Sosial Media

by 21.02 0 komentar
         Haiii Sobat Simple! kali ini saya akan menjelaskan sedikit            tentang materi kuliah saya yakni di mata kuliah Aplikasi Media Sosial. mungkin artikel ini nantinya yang akan mengawali artikel lainnya mengenai materi-materi yang akan saya dapatkan di perkuliahan nanti.
Sosial media, berbicara tentang social media pasti hal yang pertama yang ada di benak kalian adalah Facebook, Line, Twitter dan aplikasi sosial media lainnya. Yap benar sekali itu semua adalah contoh aplikasi sosial media tapi, tahukah kalian pengertian dari sosial media itu sendiri? Sosial media adalah merupakan sebuah sarana pergaulan sosial secara online dimana para penggunanya saling berkomunikasi, berinteraksi, saling kirim pesan, dan juga membangun jaringan. Adapun karakteristik dari sosial media itu sendiri yaitu pesan tidak hanya disampaikan untuk satu orang melainkan untuk semua. Untuk contohnya, sebenarnya ada banyak sekali mungkin Sobat Simple lebih tahu banyak daripada saya (maklum saya tidak terlalu suka dengan sosmed). Contoh sosial media yang saya pakai adalah :

-Facebook
-Twitter
-Instagram
-Steam
-Line
-Twitch
-Google+
-Kaskus
-Blogger
Lantas setelah Sobat Simple memakai semua sosmed tahukah Sobat perbedaan dari Media Konvensional dan Media Sosial?
Perbedaan Media Konvensional dengan Media Sosial adalah :
- Media massa konvensional cenderung lebih lambat dalam menghantarkan informasi yang terbaru dibandingkan media sosial. 
- Media masa konvensional terdapat gatekeeper sedangkan media sosial tidak.
- Media massa konvensional lebih lama dalam memberi respon dibandingkan dengan media sosial.

Dalam Sosial Media pasti nantinya Sobat Simple akan menemukan suatu komunitas tertentu. Komunitas yang dimaksud adalah kumpulan dalam ruang lingkup yang ada pada pembauran masyarakat dimana terdapat berbagai jenis dan tipe kelompok yang diatur sesuai kepentingan masing – masing. Contoh komunitas di media sosial misalnya di Facebook ada grup-grup tertentu misalnya grup kelas atau grup yang sudah besar contohnya Komunitas Photoshop Indonesia. Sedangkan contoh komunitas yang ada di masyarakat adalah PKK.

Nah sosial media ini berada di Dunia Maya atau (Cyberspace). Cyberspace adalah media elektronik dalam jaringan komputer yang banyak dipakai untuk keperluan komunikasi satu arah maupun timbal balik secara online.

Adapun dampak yang ditimbulkan Dunia maya baik itu positif dan negatif. Dampak ini dibagi dari beberapa bidang yakni :

-Bidang Pengetahuan
-Bidang Pelestarian Lingkungan
-Bidang Komunikasi
-Bidang Pengembangan Bahasa
-Bidang Hiburan
-Bidang Kesehatan
-Bidang Pendidikan
-Bidang Media
-Bidang Pekerjaan
-Bidang Promosi
-Bidang Bisnis
-Bidang Karya Seni dan Popularitas
-Bidang Jasa Pengiriman dan Konsumen
-Bidang Kepribadian Seseorang
-Bidang Jasa Ticketing

Sobat Simple pasti sekarang sudah bisa membayangkan apa saja dampak positif dan negatifnya dari masing-masing bidang tersebut.

Ok Sobat Simple, sekian dulu penjelasan saya tentang Sosial Media. Terimakasih sudah meluangkan waktu Sobat untuk membaca artikel ini. Diharapkan Sobat Simple setelah membaca artikel ini bisa memahami Sosial Media itu sendiri dan lebih dewasa penggunaannya. Tidak lengkap rasanya jika Sobat Simple tidak menulis kritikan atau komentar di kolom komentar dibawah. Bila ada kesalahan materi atau penulisan mohon dipermaklumkan dan kita bahas bersama-sama. Akhir kata saya ucapkan terima kasih dan ikuti terus perkembangan kuliah saya disini :D

Adi Triginarsa

Developer

Mahasiswa Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana yang simpel dan seorang gamers